Lantai Kayu Parket Beserta Pertimbangan Pemilihannya

March 29, 2019Dekorasi Standard

Lantai kayu memang banyak disukai. Selain tampilannya yang menarik, lantai kayu juga memiliki nilai seni tinggi. Salah satu bahan yang paling bagus adalah parket. Lantai kayu parket bisa diaplikasikan baik untuk luar maupun dalam ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Parket

Lantai parket adalah kepingan kayu yang dipress dan dipasang di lantai konkrit. Umumnya, bahan parket berupa kayu asli seperti kayu jati. Namun, ada juga parket olahan dengan harga yang lebih terjangkau. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Salah satu kelebihannya adalah dari segi keindahannya. Pasalnya, parket bisa dicat maupun diberi finishing sesuai selera.

Selain itu, parket juga mudah dibersihkan. Jadi, kalian tak perlu takut jika lantai kotor karena debu ataupun noda yang tercecer. Kemudian, konturnya yang kokoh juga membuatnya tahan lama. Keawetannya bahkan bisa mencapai 50 tahun, khususnya parket solid.

Tak hanya itu, parket juga memiliki sifat non allergen. Jadi, lantai ini tak akan menimbulkan masalah alergi. Lain halnya dengan lantai kayu parket pada umumnya yang bisa menimbulkan masalah pada orang yang alergi terhadap debu, serbuk bunga, dll. Satu lagi, harganya yang terjangkau juga tentu saja menjadi pertimbangan tersendiri bagi banyak orang untuk memasang lantai jenis ini.

Di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Salah satunya adalah pemasangannya yang memerlukan persiapan cukup rumit. Selain itu, saat pemasangan kalian juga harus siap-siap mendengarkan suara berisiknya pemasangan. Lain halnya dengan pemasangan lantai keramik yang tidak bising.

Kemudian, ada beberapa lantai kayu parket yang sifatnya licin. Jadi, kalian harus berhati-hati jika lantai terkena air. Satu lagi, potensi kerusakan juga cukup besar termasuk warnaya yang juga lama-kelamaan akan pudar.

Harga Lantai Parket

Ada banyak jenis kayu parket yang bisa digunakan untuk membuat lantai. Jadi, harga lantai kayu parket juga berbeda-beda. Harga parket jati umumnya sekitar 165 – 265 ribu per meter, parket jati KW 1 sekitar 185 – 286 ribu per meter, dan parket jati KW 2 mulai dari 140 hingga 160 ribuan.

Dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya, sepertinya kayu parket cukup bersaing dan kualitasnya juga tidak buruk. Jadi, kayu parket bisa menjadi pilihan bagus untuk lantai rumahmu.

Tips Merawat Lantai Kayu Parket

Agar lantai dari kayu parket selalu bersih dan tetap awet, ada beberapa tips yang harus kalian lakukan sebagai perawatan:

  1. Rutin Menyapu

Seperti halnya lantai keramik, lantai kayu jenis apapun juga perlu disapu secara rutin agar tetap bersih. Bahkan jika perlu, gunakan vacuum cleaner untuk debu yang susah dijangkau dengan sapu.

  1. Hindari Kelembaban

Inti dari perawatan lantai yang terbuat dari kayu parket adalah dengan menghindari kelembaban. Salah satu tips nya adalah dengan menghindari mengepel lantai dan cukup menyapu atau membersihkan dengan vacuum cleaner. Cara lain adalah dengan bahan kimia anti rayap.

  1. Lapisi Karpet

Ada satu tips penting yang bisa dicoba, yaitu melapisi lantai dengan karpet. Cara ini bukan hanya menjaga kebersihan lantai parket tapi juga menghindakan lantai parket dari kelembapan. Tak hanya itu, karpet juga membuat ruangan terasa lebih hangat.

Jika kalian memiliki lantai kayu parket dan tinggal di daerah tropis, ada baiknya untuk menukar posisi perabot-perabot secara berkala. Hal ini bertujuan agar warna lantai parket tak cepat pudar dan juga menjaga lantai kayu agar tidak lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *