Teras Lantai Kayu, Gaya Rumah Klasik di Era Modern

March 29, 2019Dekorasi Standard

Di era modern ini, banyak orang lebih memilih lantai keramik ketimbang jenis lainnya. Namun, tak sedikit orang yang lebih suka dengan lantai kayu. Lantai ini sangat cocok untuk bagian depan rumah atau teras. Namun, kalian tak boleh sembarangan pasang lantai dengan bahan kayu karena harus mengetahui plus minusnya dulu, cara pemasangan yang benar, dan hal lainnya.

Plus dan Minus Teras Lantai Kayu

Memiliki teras lantai kayu memang sangat menarik. Tapi sebelum memutuskannya, terlebih dahulu kalian harus tahu plus dan minusnya. Berikut beberapa kelebihan dari teras yang dibuat dengan lantai kayu:

  • Awet & Efek Visual Bagus

Kayu yang digunakan untuk membuat lantai adalah kayu solid. Jadi, tak perlu lagi meragukan keawetan dan ketahanan. Selain awet, tentu saja lantai dari kayu memiliki efek visual yang menarik, bahkan lebih menarik dari lantai keramik yang lebih populer. Pasalnya, ada banyak motif yang bisa kalian pilih sesuai selera. Untuk masalah keawetan, lantai dari kayu bisa bertahan hingga 20 tahun jika perawatan dilakukan dengan benar.

  • Kesan Hangat

Jika lantai keramik terasa dingin, lantai dari kayu justru sebaliknya, membuat ruangan terasa lebih hangat. Begitu juga saat cuaca panas, lantai dari kayu juga tidak akan terasa terlalu panas. Artinya, bisa menyesuaikan suhu udara di ruangan tersebut.

  • Perawatan Mudah

Siapa bilang lantai kayu susah dirawat? Cukup bersihkan dengan vacuum cleaner maupun sapu halus secara teratur, maka lantaimu akan selalu bersih setiap hari.

Namun, lantai kayu juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangannya yang perlu kalian ketahui:

  • Perawatan Khusus

Menjaga lantai dari kayu agar selalu bersih memang mudah. Tapi pekerjaan utamanya adalah merawat agar lantai tetap awet dan tidak keropos. Kalian harus merawatnya agar tidak lembab, terkena rayap, ataupun timbul bau tak sedap.

  • Tak Tahan Lembab

Jika dengan lantai keramik kalian bisa bebas mengepel kapan saja, lain halnya dengan lantai kayu. Pasalnya, lantai ini tak tahan dengan kelembaban.

  • Susah Dibersihkan

Jika lantai terkena noda, maka akan sulit dibersihkan. Kadang, kalian memerlukan cairan khusus untuk membersihkan noda di lantai kayu tersebut.

Motif-motif Lantai Kayu

Motif lantai kayu ada banyak sekali. Maka, tak ada salahnya kita mengenal beberapa motif yang populer di masyarakat saat ini:

  • Pola Lurus

Ini adalah pola paling simple dan paling umum. Cocok untuk teras rumah dengan konsep modern. Dibanding pola lainnya, pola ini juga biasanya lebih murah harganya.

  • Pola Acak

Pola acak cocok untuk kalian yang suka dengan kesan unik. Selain itu, konsep ini juga memberi kesan seni yang lebih kreatif.

  • Pola Diagonal

Dengan pola ini, ruangan akan terlihat semakin mewah. Pola ini disukai para pemilik rumah minimalis karena memberi kesan lebih luas.

  • Pola Parket

Dengan motif mosaik, pola ini sangat mengesankan. Cocok dipasang di ruangan manapun baik eksterior maupun interior.

Tips Membangun Teras Lantai Kayu

Tertarik ingin membangun teras dengan lantai dari kayu? Ketahui dulu beberapa tips penting dan bermanfaat berikut ini:

  • Lapisan Kayu

Agar awet, pastikan kalian melapisi kayu setelah lantai teras jadi dengan minyak.

  • Kemiringan Lantai

Karena berada di luar, maka pastikan lantai memiliki kemiringan yang pas supaya air hujan tidak menggenang.

  • Jarak Balok

Perhatikan juga jarak balok, yakni minimum 450 mm. Tujuannya untuk mendistribusikan beban berat dengan baik.

  • Pemasangan

Untuk pemasangan lantai kayu, sebaiknya dengan sistem klip dan bukan teknik sekrup. Pasalnya, hal tersebut menusuk permukaan dek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *