Pengaplikasian Wallpaper Ruang Tamu Yang Tepat 

March 29, 2019Dekorasi Standard

Wallpaper merupakan sejenis hiasan pelapis dinding berupa kertas dinding yang biasanya memiliki beragam motif dan warna. Motif-motif pada wallpaper yang diaplikasikan di dinding dapat disesuaikan dengan gaya interior rumah ataupun ruangan yang ingin anda ciptakan. Ada banyak alasan mengapa dilakukan pemasangan wallpaper di dinding, misalnya di ruang tamu, yaitu untuk merubah suasana ruangan pada saat renovasi dilakukan atau sebagai focal point agar dinding pada ruang tamu terlihat berbeda.

Dalam pemilihan wallpaper ruang tamu, pada dasarnya anda harus dalam keadaan hati tenang, tidak terburu-buru, dan harus tahu tema ruangan yang akan dipasang wallpaper. Jangan sampai anda salah memilih wallpaper yang telah anda aplikasikan di ruang tamu anda dan menyesalinya. Ada beberapa tahapan trik dan tips dalam proses pengaplikasian wallpaper untuk ruang tamu yang sebaiknya diikuti guna mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Menentukan Wallpaper Yang Tepat

Pilihlah wallpaper yang sesuai dengan tema dan bentuk ruang tamu yang dimiliki. Hal ini sangat penting untuk direncanakan mengingat semua unsur-unsur tersebut merupakan elemen utama yang akan menjadi satu kesatuan konsep didalam interior ruang tamu anda. Sebaiknya, sebelum anda memutuskan untuk mulai memasang wallpaper di rumah, dipikirkan terlebih dahulu jenis wallpaper yang akan digunakan. Pertimbangan ini diperlukan karena akan membantu anda dalam membuat anggaran biaya pekerjaan dan konsep ruang yang diinginkan.

 

Berbagai Jenis Wallpaper Yang Ada Di Pasaran

Wallpaper itu memiliki beragam motif dan jenisnya. Ragam motif dan jenisnya  ini yang menentukan kualitas dan harga dari wallpapernya. Beberapa jenis wallpaper diantaranya, yaitu;

  • Wallpaper Kertas: jenis wallpaper yang mudah sobek dan kotor. Namun, kelebihannya, pilihan corak dan warnanya beraneka ragam. Selain itu, harganya relatif cukup murah.
  • Wallpaper Vinyl: jenis wallpaper yang tidak mudah sobek, tidak mudah kotor, serta tidak mudah menyerap noda dan air.
  • Wallpaper Velvet atau beludru:  ini adalah wallpaper yang terbuat dari bahan  serat wol. Kesan yang ditampilkan mewah dan elegan. Cocok untuk interior ruangan yang mempunyai nuansa klasik, retro dan kontemporer. Memiliki harga yang cukup mahal di pasaran.
  • Wallpaper Foil: jenis ini memiliki lapisan kertas timah pada bagian permukaan nya yang dapat menciptakan efek kilap.
  • Wallpaper Kain: bertekstur halus seperti kain pada umumnya.
  • Wallpaper Heavy Duty: memiliki lapisan linen pada bagian belakangnya sehingga terlihat agak tebal. Kelebihannya dapat dilap dengan lap basah atau spons, dapat dibuat kesan timbul dengan emboss, dan termasuk jenis wallpaper yang dapat dicat.
  • Wallpaper Serat Alami: jenis ini terbuat dari bahan dasar bambu, kayu dan daun.

 

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Proses Pengaplikasian Wallpaper Ruang Tamu

Sebelum dilakukan pemasangan wallpapernya, hal-hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Mengecek kondisi kelembapan dindingnya. Jangan pasang wallpaper di dinding yang lembab karena akan membuat wallpaper cepat rusak.
  • Bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran, dan lapisan cat.
  • Cek dengan baik permukaan dindingnya. Carilah permukaan yang halus dan rata agar wallpaper-nya menempel dengan rekat.
  • Ukur luas dinding ruang tamu yang akan dipasang wallpaper. Ini penting untuk mengetahui estimasi berapa wallpaper yang akan terpakai dan menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

 

Proses Pengaplikasian Wallpaper Ruang Tamu

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan untuk menempelkan wallpaper, yaitu meteran, penggaris, pencil, cutter, benang dengan pemberat, plastik atau koran sebagai alas, bak untuk mengaduk lem (1 besar dan 1 kecil), lem khusus, kuas lem, roller, spons, amplas, kape untuk meratakan, tangga A, Mica/Acrylic, dan wallpapernya.

Setelah alat dan wallapapernya siap, kemudian tentukan titik awal dinding yang akan diaplikasikan wallpapernya. Caranya dimulai dengan memposisikan diri di tempat yang strategis untuk dapat melihat panjang keseluruhan dinding yang akan ditempel sebelum memulai pemasangan. Sebaiknya membuat garis acuan dari atas sampai ke bawah bagian dinding dengan pencil dari titik awal ruangan yang ditentukan. Sehingga, lembar wallpaper pertama yang terpasang dapat lurus dan rapi. Proses penentuan titik awal ini dilakukan seterusnya hingga seluruh bagian dinding ruangan mempunyai titik acuan.

Sapukan lem yang digunakan dengan mempersiapkan terlebih dahulu lembaran wallpapernya yang sudah dipotong di atas lantai yang sudah dialasi dengan koran atau plastik bersih. Pada proses penyapuan lem ke seluruh permukaan lembaran dapat menggunakan roler atau kuas dengan secara perlahan dan merata agar tidak terjadi gelembung udara. Lalu, pasang wallpaper dengan menempelkannya secara perlahan sambil diratakan dengan lap kering atau mika. Untuk dinding yang tinggi bisa dengan memakai tangga A saat melakukan pemasangan. Pemasangannya dilakukan dengan mengikuti tanda yang sudah dibuat dengan pencil sebelumnya agar tetap presisi.

Tahap akhir adalah melakukan pengecekan dan perapihan agar wallpapernya terlihat presisi dan tidak keluar jalur. Lalu, membersihkan seluruh permukaan wallpaper ruang tamu dengan spons yang diberi air agar sisa lem dapat dibersihkan dan dilap dengan lap kering untuk mengeringkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *